2/18/09

Dasar Kepercayaan Kristen Unitarian Indonesia [Bahasa Indonesia]

Sebagai sebuah komunitas tentu saja kami membutuhkan nilai bersama yang membentuk identitas kami. Bedanya adalah nilai tersebut bukan merupakan dogma tertutup yang menyeragamkan pengalaman iman masing-masing pribadi anggota komunitas, atau dogma yang tidak dapat berubah. Setiap ajaran yang berdasarkan firman Allah, akan diterima sebagai nilai bersama yang kemudian kami sebut Dasar Kepercayaan. Inilah ringkasan dasar kepercayaan kami :

1. Kami percaya kepada satu-satunya Allah yang benar, YHWH (Yahweh), Allahnya Abraham dan Israel, yang diperkenalkan Yesus sebagai Bapa. (Keluaran 3:14,15; Ulangan 6:4; Mazmur 139:7; Matius 6:9; Markus 12:29; Yohanes 17:3; Kisah 3:13; 1 Timotius 6:16)

2. Kami percaya kepada Yesus Kristus, anak Allah, permulaan ciptaan, malaikat perjanjian, yang lahir dari perawan Maria, hidup tanpa dosa, mati disalib, dikuburkan dan dibangkitkan Allah, yang ditinggikan Bapa menjadi Tuan, Kristus dan Juruselamat, naik ke Surga dan akan datang kembali dalam kemuliaan. (Mikha 5:1-3; Maleakhi 3:1; Matius 1:23; 3:16-17; 12:40; 16:16; Yohanes 3:16; 17:3; Kisah 1:11; 2:36; 5:31; 1 Korintus 15:3-5; 1Petrus 2:22-23; Wahyu 3:14)

3. Kami percaya kepada Alkitab, Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru, yang inti perintahnya adalah kasih kepada Allah dan kepada sesama manusia, yang telah dijabarkan di dalam kesepuluh perintah Allah. (Keluaran 20:1-17; Yesaya 45:23; Matius 4:4,10; 5:17-10; Yohanes 10:35; 12:48; Efesus 6:17; 2Korintus 1:13; 2 Timotius 3:16-17; Ibrani 1:1)

4. Kami percaya kepada Injil, yaitu kabar baik bahwa manusia dapat diampuni Allah dan dibebaskan dari dosa, dan beroleh pengharapan atas kehidupan yang kekal. (Yohanes 1:12; 3:16; 11:12; 25-26; Roma 1:16; Efesus 4:13; 1Timotius 2:5; Ibrani 2:14,15)

5. Kami percaya kepada Roh Kudus, kuasa Allah, yang menyanggupkan manusia melakukan kehendak Allah. (Yohanes 1:12; 14:16, 26; 15:26; 16:8-3; Efesus 3:9; 2Petrus 1:3-4)

6. Kami percaya kepada perubahan hidup yang harus menyertai baptisan air, sebagai pengakuan iman, sehingga setiap orang percaya harus menjadi terang dalam kehidupan sehari-hari. (Mazmur 1:2; Yehezkiel 4:34; 13:13-15; Matius 5:14-16, 48; Lukas 12:8; Yohanes 14:15; Roma 12:1-2; 1Korintus 6:19; Galatia 2:20; Filipi 2:5; Ibrani 12:14; 1Yohanes 5:3; Wahyu 14:12)

7. Kami percaya bahwa Allah menyelamatkan setiap orang yang bersih tangannya dan suci hatinya, dan bahwa iman adalah hubungan pribadi antara seseorang dengan Allah, yang didasarkan hati nurani, akal sehat, dan pengalamannya, tanpa kekerasan dan pemaksaan. (Yehezkiel 14:14; Yosua 24:15; Ulangan 11:26-28; Matius 5:9,14-16; 7:2,3-23; 22-37, 39; Lukas 10:25-37)

68 comments:

Anonymous said...

Saya setuju dengan Dasar Kepercayaan Kristen Unitarian Indonesia terutama dengan teologi keallahannya, karena kami dari PD. Bethel pun akan melakukan perubahan besar dalam berteologi terutama teologi tentang Allah. Kami juga percaya bahwa hanya ada satu Allah, yaitu Bapa di Surga, dan Yesus Kristus adalah Anak Tunggal Bapa.

Alamat website kami :
www.pdbethel.page.tl

Kristen Tauhid said...

Terima kasih. salam untuk teman-teman persekutuan doa Bethel. Kiranya damai Bapa sorgawi dan tuan kita Yesus Kristus beserta kita selalu.

Kalau ingin kontak lebih lanjut email kami adalah : kristen.tauhid@yahoo.com

Anonymous said...

begitulah pemikiran orang2 yg sudah dperbudak dengan logika.. mereka pikir Tuhan itu bisa dipahami dengan logika dan pikiran manusia yang terbatas ini??!! mari kita buka injil Matius (sry lupa ayatnya ^_^) baptislah mereka dalam Nama Bapa, Putra, Roh Kudus.. sekarang qta liat Yohanes ayat 17 dari awal.. qta dapat melihat penggalan ayat yg berbunyi "..seperti Nama MU yg telah KAU berikan kepada KU... di Kitab Wahyu juga disebutkan mengenai mereka yg dimeteraikan oleh Nama Bapa dan Nama Anak.. sekarang coba anda para saudara unitarian renungkan, apakah Nama Yesus adalah hanya Nama Anak saja?? saya rasa tidak!! nama Yesus adalah Nama bersama yg dimiliki oleh Bapa, Anak dan Roh Kudus... yg diperkenalkan kepada manusia melalui Anak Nya.. mari qta beranalogi.. bila Sorga adalah sebuah rumah, Dan BAPA adalah ayah, ANAK adalah anak dari ayah, sedangkan para malaikat adalah pelayannya (pembantu/PRT).. apakah anak setingkat derajatnya dengan pembantu?? (jadi ANAK bukanlah malaikat mikael seperti yg dikatakan bung Frans Donald!!)... bila pembantu dengan pembantu bertengkar, siapakah yg berhak untuk menghakiminya?? tentu majikannya!! itulah sebabnya mengapa malaikat mikael ketika bertengkar dengan iblis ketika memperebutkan mayat musa tidak berani menghakiminya.. karena ia hanyalah pelayan yg setingkat dengan lucifer (ingat lucifer sebelum kejatuhannya adalah malaikat juga)..
bandingkan dengan apa yg dilakukan ANAK saat dicobai oleh iblis, DIA tidak berkata seperti mikael, "kiranya Allah menghardik engkau!!", tapi IA berkata, "enyahlah engkau!!!".. artinya, sama seperti BAPA, ANAK juga mempunyai kuasa untuk menghakimi (jadi mikael bukanlah ANAK)
didalam sebuah rumah, ayah adalah tuan rumah, anak juga tuan rumah, tetapi pembantu bukanlah tuan rumah!!
seorang ayah misalkan mempunyai marga atau nama keluarga Budi, sang anakpun berhak untuk memakai nama Budi tsb, yg secara otomatis merupakan ahli waris dari sang ayah, yg jg berhak atas seluruh rumah tsb!! ayah adalah majikan, ibu adalah majikan, anak juga majikan.. tetapi ayah bukan ibu, ibu bukan ayah, anak bukan ayah atw ibu, dan ayah dan ibu bukanlah anak!!
sangat sulit untuk memahami konsep KETUHANAN TRINITAS, setiap analogi termasuk analogi ini tidak bisa menggambarkan TRINITAS secara utuh. tetapi disitulah bukti kebesaran TUHAN qta, yaitu tidak bisa dipahami oleh logika manusia yg hanyalah ciptaan, tetapi cukup diimani!! INGAAT!!iman adalah percaya walau tidak melihat!! Bible memang tidak menyebutkan TRINITAS secara jelas, tetapi banyak ayat2 didalamnya yg menggambarkan KeJamakan di dalam Ke Esaan Allah..
mohon dimaafkan bila ada kata2 yg salah, Tuhan Yesus memberkati qta smua. Shalom..

solafide said...

dijogja ada alamat komunitasnya

Anonymous said...

Shalom...Ass.mlkm...Salam kenal buat semuanya...Kasih karunia & damai sejahtera dari Allah, Bapa kita, & dari Tuhan Yesus Kristus menyertai kita...

Scr pribadi sy sangat setuju dgn bbrp pemahaman Komunitas Kristen Unitarian. Namun sy berhrp ada keterbukaan jg utk sharing, agar kt tdk terjebak lg dlm sbh Doktrin yg akhirnya menghalangi Roh Kudus yg akan memimpin kt ke dlm seluruh kebenaran(Yoh 16:13)...(Bkn berdebat ya...Oce?)
Semua dg maksud agr kita dpt saling melengkapi & juga saling koreksi sbg sama2 anak Allah. Shg kt dpt semakin mengenal satu-satunya Allah yg benar, yg adalah Bapa semua manusia dan mengenal Putra SulungNya yg telah diutus yaitu Tuhan kt Yesus Kristus...amin?

Jk berkenan sy sgt bersukacita utk meneruskan sharing ini...Salam penuh kasih dr kami sekeluarga di Kota Sukabumi...

ucoklaki said...

hallo, shalom buat semua.
pertanyaan:
1.saat Yesus dibaptis ada suara dari langit, Inilah anakku, kepadanyalah Aku berkenan. suara siapakah itu? Yahweh!
2. saat Yesus berdoa, Dia berdoa kepada siapa? Yahweh!
3. saat Yesus di salibkan, Dia berteriak Eli, Eli Lamasabathani kepada siapa? Yahweh!
4. saat Yesus mati, dibangkitkan oleh siapa? Yahweh!
5. berapa banyak kata2 Yesus bahwa Ia adalah utusan Bapa. siapa Bapa nya? Yahweh.
sebenarnya masih banyak lagi dan ribuan bukti kalau kita mau membaca Alkitab bahwa Yesus bukanlah Yahweh!
sebelum membaca Alkitab, berdoalah minta pencerahan dan tinggalkan konsep dan doktrin, baru akan tahu apa sebenarnya isi dari Firman Tuhan tsb.
trims. Gbu

Kristen Tauhid said...

@Anonymous : anda menuduh kami berlogika, tetapi anda sendiri menggunakan ilustrasi yang penuh dengan "intrik" logika :D karena bagaimanapun sebagai manusia kita pasti berpikir, entah itu disebut logika, dialektika, penalaran atau apapun. Masalah dari logika anda sebagai orang Trinitas adalah ... kata-kata Yesus dan para murid (rasul) sendiri yang membantah logika anda. Perhatikan kata Yesus bahwa Bapa adalah satu-satunya Allah dan dia hanya utusan (Yohanes 17:3). Perhatikan kata-kata Petrus, bahwa Yesus hanyalah utusan dari Allahnya Abraham, Ishak dan Yakub (Kisah 3:13). Perhatikan kata-kata Paulus bahwa bagi kita hanya ada satu Allah yaitu Bapa, dan Yesus hanyalah Tuan (Lord, Majikan) (1Korintus 8:6). Perhatikan kata-kata Yakobus, setan saja tahu kalau Allah itu satu, masa anda tidak tahu? (Yakobus 2:19). Mohon dipertimbangkan lagi logika anda dengan ayat-ayat tadi. Letakkan logika anda di bawah wewenang kitab suci. Terima kasih.

Kristen Tauhid said...

@Solafide
@Anonymous 2

Kami sangat gembira untuk melanjutkan sharing ini ... silahkan kontak email kami : kristen.tauhid@yahoo.com

Terima kasih.

jo said...

Dalam poin ke 2 disebutkan bahwa Yesus adalah PERMULAAN CIPTAAN. Setahu saya, yg memandang Yesus sebagai ciptaan adalah orang-orang Saksi Yehova. Tapi orang-orang Kristen Unitarian tampaknya juga memiliki pandangan yg sama dgn Saksi Yehova tentang Yesus. Karena itu saya simpulkan bahwa Kristen Unitarian = Saksi Yehova. Sama-sama tidak mengakui bahwa Yesus adalah Allah Pencipta! Oke, sekarang mari kita lihat ayat-ayat Alkitab yg mengatakan bahwa Yesus bukanlah ciptaan, tetapi:
1). PENCIPTA (Yoh 1:1-3,14; Kol 1:16; Ibr 1:2)
2). PENOPANG (1Kor 8:6; Kol 1:17; Ibr 1:3)
3). PENCIPTA HIDUP (Yoh 1:4; Kis 3:15)
4). PENGUASA (Mat 28:18; Rom 14:9; Wah 1:5)
Jadi Yesus itu bukan ciptaan, tetapi Allah Pencipta. Karena itu Yesus adalah Allah yg benar, bukan separuh Allah atau sedikit lebih rendah dari Allah. Lagipula Alkitab menyaksikan secara gamblang: "Akan tetapi kita tahu, bahwa Anak Allah telah datang dan telah mengaruniakan pengertian kepada kita, supaya kita mengenal Yang Benar; dan kita ada di dalam Yang Benar, di dalam Anak-Nya Yesus Kristus. Dia adalah Allah yang benar dan hidup yang kekal." (1 Yoh 5:20)

ahmed shahi kusuma said...

Hai, Mas Aku Arek Suroboyo, selamat atas adanya blog ini sehingga semakin mewarnai khazanah ragam pemikiran anak bangsa yg plural ini. Maju treus...

Anonymous said...

Come 'n Join with Us
http://www.pra-pdbethel.page.tl

Silahkan Anda berkunjung ke website kami, terutama bagi Anda yang ingin menambah wawasan seputar doktrin Allah.

Allah memberkati.

Anonymous said...

halo mas. saya tertari dengan dasar kepercayaan kristen unitarian. boleh saya ambil tulisan dari blog ini untuk kemudian saya sebarkan ke beberapa orang terdekat saya?

Anonymous said...

mungkin bisa ikut nimbrung di

http://id.answers.yahoo.com/dir/index;_ylt=AglqhF6qM3j74ZXwdWmH6GefGopQ;_ylv=3?sid=396545454

agar semakin banyak yang bisa mengerti apa itu Kristen Unitarian

terima kasih

Anonymous said...

green .

pertama-tama ,saya dengan segala hormat ,mengucapkan terima kasih atas blog ini .

saya adalah kristen trinitarian ,tetapi juga saya tidak mau menghakimi dengan membabi buta kepada kristen tauhid atau unitarian , tetapi kalau saya melihat blog ini sepertinya blog ini cuma menggemakan konsep dari saksi yehovah tentang natur kristus

tentu dalam persamaan antara trinitarian dengan unitarian adalah :
1 .kita sama-sama meyakini bahwa alkitab adalah inspirasi dari Allah
2.kita sama-sama monotheisme ,yang menyembah satu Allah
3.kita sama-sama mengakui kalau Yesus adalah juruselamat .

tetapi yang menjadi perbedaan adalah:
tentang doktrin trinitas dan anda menyebut kalau Yesus adalah Ciptaan pertama ,..sesama monotheisme kita meyakini hanya satu TUHAN Allah yang menciptakan segala sesuatu ,tidak ada yang lain ,kami yakin kalau Yesus adalah pencipta Yohanes 1:3 ..pertanyaannya adalah ; kalau ada pencipta lalu ada ciptaan ,lalu siapa yang ketiga ??

mohon jawabannya terima kasih
shalom alikem b'shem ha massiah.

Anonymous said...

Semua ajaran berupa kalimat, maka kita berkesempatan untuk memperdebatkan kalimat-kalimat itu sesuai selera dan kepentingan kita. Mari kita renungkan (1) Iman adalah pengalaman pribadi (satu dgn yg lain mungkin berbeda, kalo diperdebatkan gak ada habisnya) (2) kita yang mengaku pengikut YESUS dan membaca injil setiap hari, apakah sudah MAMPU melaksanakan ajaranNYA untuk KEMULIAAN ALLAH, ato untuk kepentingan kita sendiri ?

Anonymous said...

maaf... perkenalkan saya Made Surya, saya beragama Hindu dan tinggal di Bali,.. saya telah mempelajari tiga agama besar (Islam, Protestan dan Khatolik) menyangkut konsep ketuhanan, tetapi saya justru lebih tertarik pada ajaran Islam yang benar-benar mengEsakan Tuhan..., dan saya sampai saat ini masih dalam pencarian, karena saya mulai ragu terhadap konsep ketuhanan dalam ajaran agama saya (Hindu) yang meyakini banyak sekali tuhan.
adapun kedua-dua kayakinan, baik unitarian atau trinitarian dalam kristen adalah sangatlah membingungkan. menurut saya, Jesus bukanlah pencipta ataupun anak dari pencipta, tetapi Jesus adalah seorang manusia yang diberi tugas kerasulan. Kalau dia tuhan, maka banyak bukti yang menunjukkan kalau dia bukanlah tuhan (menurut bibel tentunya) seperti Jesus makan & minum (itu berarti dia pasti juga mengalami proses pengeluaran yaitu berak dan kencing), dia juga mati (klw dia tuhan, maka siapakah yg mematikan dia? bukankah dia tuhan?), dan masih banyak bukti lain klw dia bukanlah tuhan. adapun tentang dia sebagai anak tuhan, maka pertanyaannya, mengapa Matius dan Lukas memberikan daftar silsilah Keturunan Jesus (tentu kalau dia anak tuhan, maka tidak perlu harus ada silsilah) bahkan Matius mengatakan "Dan inilah silsilah dari Jesus Kristus...dst"....
Jadi sebagai seorang yang sedang mencari pencerahan, terus terang saya masih bingung dengan ajaran kristen, satu-satunya hal yang membuat saya tertarik dengan kristen hanyalah kebebasan yang lebih luas ketimbang agama-agama lain....
tolong berikan saya pencerahan...
terima kasih...

Anonymous said...

@Made Surya :

Hanya ayat ini : John 14:6
Akulah jalan, kebenaran dan hidup, tiada yang datang kepada Bapa, kalau tidak menemui aku.

Hmm... sebenarnya saya kurang setuju dengan 'kedamaian' antar umat beragama yang menanggap :

Ah, semua agama sama....

Kalau semua agama sama....
bagaimana dgn Gereja Setan
Bagaimana dengan Baal worship, Sun god worship?? Atau Scientologist, Mormon, Jehova's Witness, Occultisme, Free-mason, Church of growing in grace??

Kita sebagai Kristen HARUS dan HARUS Berani mengaku : 'Ini, saya Kristen', Sebaliknya atau jadi Kristen 'padam' yang sama sekali tidak berani berbuat apa2

Tidak usah Kristenisasi, tidak akan ada yang mau menerima, Saksi hidup aja.

Saya dan semuanya harus koreksi diri.... Saya sudah berani akui ga, saya ini Kristen, atau menjadi NWo?

Anonymous said...

Maaf sebelumnya karena ikut nimbrung, saya seorang muslim dan kenal dengan unitarian pertama kali di bukunya Buya Hamka, Tasawuf modern (judul persisnya agak sedikit lupa karena saya baca pas smp dulu); beliau mengatakan kurang lebih bahwa dalam kaum nasrani tidak sama semua, bahkan ada satu kaum yang bedanya hanya mereka tidak mengakui nabi saw sebagai nabi, tapi dalam akidah sama (mengikuti hukum pokok); jadi intinya diminta untuk bersikap arif, dan tidak memukul rata

Anonymous said...

Sebetulnya beberapa tahun lali ada kabar baik dari pemimpin katolik, yang intinya mengajak pengikut katolik untuk tidak memandang silam sebagai anti crist, dan mengajak untuk tidak melakukan dakwah secara agresif dan profokatif terhadap umat islam, bagi kami ini sudah bagus akan tetapi akan lebih baik lagi kalo ndak usah mendakwahi orang islam dan kalo bisa orang katolik pindah menjadi umat nasrani unitarian. Syukur syukur mau masuk islam.

Anonymous said...

saya sangat tertarik dengan unitarian dan arianisme..., dan saya seorang muslim yang sedang meneliti aktifitas plus ritual ibadah teman-teman unitarian..., ada buku rujukan yang bisa saya baca...?

Anonymous said...

kalau mau tahu tentang penjelasan tentang trinitas, silahkan web katolisitas disitu kita bisa berdialog dengan penuh kerendahan hati

Anonymous said...

justru kalau kita mau rendah hati. kita harus lihat sejarah kapan gereja katolk mulai berdiri. tahun 33 sejak Tuhan Yesus Kristus wafat para rasul telah mengajar dan membapatis 3000jemaat perdana dan mengajarkan apa yg diajarkan Tuhan Yesus tanpa menambah da mengurangi sedikitpun yang dijaga kemurnianya oleh Magisterium gereja dari masa ke masa sejak paus I rasul Petrus sampai Paus Benediktus XVI. Ajarannya bisa ditelusuri dari jaman para rasul sampai sekarang. Untuk lebih jelas dan gamblang bisa buka website Katolisitas.org, dan kalian bisa berdialog.terima kasih. Tuhan memberkati.

Anonymous said...

syalom..
ada beberapa point yg dapat saya terima dari Kristen Unitarian yaitu :
bahwa Yesus tidak sederajat dengan Allah Bapa saya setuju, karena Yesus adalah Anak, duduk disebelah kanan Allah Bapa, dengan kata lain Yesus setingkat lebih rendah dari Bapa, tangan kanan Bapa, kepercayaan dan lambang cinta kasih Bapa pada manusia.
terbukti Yesus tidak tahu kapan waktu kiamat itu terjadi (hanya Bapa yg tau),
Yesus taat dan tunduk pada kehendak Bapa yaitu mati di kayu salib,
apakah Yesus layak kita sembah?
menurut saya YA...karena Bapa memberikan penghakiman itu pada Yesus, anak telah diberi kuasa oleh Bapa di Bumi dan di Surga...
Yesus telah memberikan nyawanya untuk menebus manusia..
oleh karenanya kita layak menyebutnya Tuhan, seorang yang dihormati, ditinggikan, dan layak disembah....
Penyembahan kita yang diterima Bapa hanya melalui Anak...
Yesus berkata : Akulah jalan dan kebenaran dan hidup, tidak seorangpun dapat datang kepada Bapa kalau tidak melalui Aku...
namun Yesus bukan malaikat, walaupun Allah Bapa menciptakan Yesus sehakekat dengan Dia/Bapa, namun Yesus lebih tinggi dari malaikat..
karena apa?
karena Yesus adalah awal dari segala penciptaan..
segala sesuatu diciptakan oleh Dia dan untuk Dia..
karena malaikat tidak layak disembah sedangkan Anak layak untuk disembah...
oleh karenanya kesimpulan saya, apakah Yesus Yahweh? tidak...
Yesus adalah Tuhan...
namun saya tetap memilih Trinitas, karena keimanan saya adalah pada Bapa, Anak dan Roh Kudus, ketiganya adalah Esa, sehakekat,Ilahi dan saya menyembah pada ketiga pribadi ini walaupun ketiganya tidak sederajat....

Anonymous said...

Saya adalah seorang kristen yang menghargai perbedaan pendapat, setiap org sah sah aja berpikir seperti perspektifnya masing2 sesuai pencerahan yang di berikan, namun kebenaran tetaplah kebenaran, pemahaman trinitas sudah berjalan sekian lama dan memang belum pernah ada faham yang bisa se sounding paham tersebut,waktu akan menguji apakah unitarian ini bisa bertahan? jika memang benar kemungkinan besar akan dapat berkembang, namun bila tidak ia hanya seperti sedikit ilalang di sekitar gandum,jadi mari kita lihat saja waktu yang akan membuktikan, sebab iman saya di dalam trinitas telah terbukti oleh waktu dan zaman.
satu lagi saya perlu sampaikan bahwa pemahaman kristen perlu disertai dengan pengalaman perjumpaan dengan Tuhan, biasanya yang tdk mengalaminya mudah untuk ragu dan mempercayai faham sana dan sini, dulu saya adalah seorang yg sangat jahat, saya biasa melakukan kejahatan demi kejahatan yg bila saya sampaikan pun anda akan jijik mendengarnya, saya bukanlah seorang percaya yang taat, saya hanya memuaskan hidup demi kesenangan belaka, hingga suatu saat saya menjadi gila/tdk waras. satu momen dimana saya berjumpa dengan 'seseorang' yang begitu mengasihi saya, dalam keadaan yang sangat menyedihkan itu (gila)saya merasakan seseorang memeluk diri saya dengan erat dan menyatakan kasihNya buat saya, Dia menunjukkan bahwa hidup saya adalah hidup yang sangat nista, namun jika saya menerima Ia sebagai Tuhan dan Juruslamat maka saya akan di pulihkan, lalu saya mengetakan padanya: siapakah engkau? Dia menjawab saya: saya lah Tuhan, Yesus Kristus yang mengasihimu, mulai hari ini layanilah Saya dan serahkan sisa hidupmu bagi Saya. Sejak hari itu saya disembuhkan secara ajaib dan saya dipulihkan dari semua dosa yang membelenggu hidup saya, dan hidup saya berubah total, kini saya adalah seorang Gembala dari sebuah gereja Misi di indonesia.
Nah sekarang bagaimana mungkin ada seseorang yg menyatakan bahwa Yesus Bukan Tuhan sedangkan Ia datang kepada saya (Theofani)dan menjamah saya, bahkan saya tanya siapa, Dia sendiri yg jwb bahwa Ia adalah Tuhan lalu hidup saya seketika sembuh dan berubah bahkan dipulihkan, masa mungkin saya bisa menjadi tidak percaya bahwa Yesus bukan Tuhan hanya dengan pikiran dan pemahaman manusia yang tak punya pengalaman bertemu dengan Tuhan. Bisa kah anda menjawab saya: siapa kah yang bertemu saya itu? yang mengaku diriNya adalah Tuhan Yesus? Jika dia bukan Tuhan mengapa Ia mengaku bahwa Ia Tuhan kepada saya? jika Ia berdusta, mungkinkah Ia mampu menyembuhkan dan mengubah hidup manusia kotor dan busuk seperti saya menjadi manusia yang berdampak positif, dan melepaskan belenggu kekotoran hidup dari saya? saya tidak yakin seorang 'pendusta' mampu melakukan itu buat hidup saya yang kini sangat diberkati dan memiliki damai sejahtera dan jaminan keselamatan yang kekal, kecuali Ia bukan pendusta namun pengakuanNya bahwa Ia adalah Tuhan merupakan sebuah kebenaran.
pertanyaan lain: pernahkah anda berjumpa (theofani) dengan Yesus? Mana yang anda percayai dari seorang saksi? yang tak pernah berjumpa (hanya tau dari org atau tulisan), atau pada orang yang pernah berjumpa langsung (theofani) (tdk hanya dr cerita dan Tulisan)?Pikirkan dan renungkanlah sobat, jangan kita menjadi KTP (Kristen Tanpa Pengalaman). Gbu

Anonymous said...

Setiap anak TK bisa dengan mudah mengutip dari al Kitab al Muqqadas / Kitab Kudus / Pustaka Suci / Biblia Sacra : Matius, Markus, Lukas, Yohanes, ... etc. ..., Wahyu.

Tetapi Gereja yang menentukan buku-buku mana yang termasuk al Kitab al Muqqadas adalah juga Gereja yang menentukan bahwa Yesus adalah sungguh Allah.

Kalau Gereja bisa salah karena mengajarkan bahwa Yesus adalah sungguh Allah - maka Gereja juga bisa salah karena mengajarkan bahwa Matius, Markus, Lukas, Yohanes, ..., Wahyu adalah sungguh Sabda Allah.

Kalau bukan karena Gereja yang mengajarkan, dari mana saya bisa tahu PASTI bahwa Surat Rasul Yakobus adalah bagian dari al Kitab al Muqqadas sedangkan Surat Rasul Barnabas bukanlah bagian dari Kitab Kudus ?

Anonymous said...

Saya seorang saksi2 yehuwa mengakui bhw yesus dan bapaknya adalah pribadi yg berbeda, tp dlm hal penciptaan yesus juga berperan serta,
1. Yesus adalah pekerja ahli, amsal 8 : 22-30
2. Yesus adalah awal dr segala ciptaan, kolose 1 : 15
3. Yesus telibat dlm penciptaan manusia, kejadian 1 : 28

Bagaimana dgn Yohanes 1 : 3 LAI, Sebenarnya kata oleh dia, tidak tepat karena kata yunani "di" terjemahan interlinearnya lebih tepat berarti "melalui"; begitu juga perikop ayat2 lainnya menggunakan kata yg sama

bang biznis said...

hmm... dalam islam ada byk persamaan dgn kristen unitarian ini seperti:
الإخلاص
Al-Ikhlaas - Sincerity
SelectViewTweet it
112:1 Katakanlah: "Dialah Allah, Yang Maha Esa

12:2 Allah adalah Tuhan yang bergantung kepada-Nya segala sesuatu.

112:3 Dia tiada beranak dan tidak pula diperanakkan,

112:4 dan tidak ada seorangpun yang setara dengan Dia".

lalu,
5:15 Hai Ahli Kitab, sesungguhnya telah datang kepadamu Rasul Kami, menjelaskan kepadamu banyak dari isi Al Kitab yang kamu sembunyi kan, dan banyak (pula yang) dibiarkannya. Sesungguhnya telah datang kepadamu cahaya dari Allah, dan Kitab yang menerangkan
5:16 Dengan kitab itulah Allah menunjuki orang-orang yang mengikuti keridhaan-Nya ke jalan keselamatan, dan (dengan kitab itu pula) Allah mengeluarkan orang-orang itu dari gelap gulita kepada cahaya yang terang benderang dengan seizin-Nya, dan menunjuki mereka ke jalan yang lurus.
5:17 Sesungguhnya telah kafirlah orang-orang yang berkata: "Sesungguhnya Allah itu ialah Al Masih putera Maryam". Katakanlah: "Maka siapakah (gerangan) yang dapat menghalang-halangi kehendak Allah, jika Dia hendak membinasakan Al Masih putera Maryam itu beserta ibunya dan seluruh orang-orang yang berada di bumi kesemuanya?". Kepunyaan Allahlah kerajaan langit dan bumi dan apa yang ada diantara keduanya; Dia menciptakan apa yang dikehendaki-Nya. Dan Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu.

5:18 Orang-orang Yahudi dan Nasrani mengatakan: "Kami ini adalah anak-anak Allah dan kekasih-kekasih-Nya". Katakanlah: "Maka mengapa Allah menyiksa kamu karena dosa-dosamu?" (Kamu bukanlah anak-anak Allah dan kekasih-kekasih-Nya), tetapi kamu adalah manusia(biasa) diantara orang-orang yang diciptakan-Nya. Dia mengampuni bagi siapa yang dikehendaki-Nya dan menyiksa siapa yang dikehendaki-Nya. Dan Kepunyaan Allah-lah kerajaan antara keduanya. Dan kepada Allah-lah kembali (segala sesuatu).

5:19 Hai Ahli Kitab, sesungguhnya telah datang kepada kamu Rasul Kami, menjelaskan (syari'at Kami) kepadamu ketika terputus (pengiriman) rasul-rasul agar kamu tidak mengatakan: "Tidak ada datang kepada kami baik seorang pembawa berita gembira maupun seorang pemberi peringatan". Sesungguhnya telah datang kepadamu pembawa berita gembira dan pemberi peringatan. Allah Maha Kuasa Atas Segala Sesuatu
semoga menjadi tambahan reverensi buat umat nasrani unitarian

Anonymous said...

Kristen Unitarian...Suatu pertanda yang menjanjikan! Agama adalah untuk orang orang yang memikirkan agama itu sendiri. Agama untuk orang yang mempergunakan akalnya. Bagi yang belum atau tidak bisa menggunakan akalnya, maka dia tidak akan menanggung dosa dari kesalahannya.
Dosa warisan tidak ada dalam Islam. Sekitar 50% ayat ayat dalam Kitab Suci Aquran tentang penggunaan "akal"

CosmicBoy said...

Saya dulunya Hindu kemudian berpinbdah ke Islam tetapi akhirnya ketemu Yesus lewat (pembacaan/penelitian) Injil.

Indahnya Yesus.

sysysys said...

Kitab Suci apakah yang kalian gunakan? please answer me, thanks before

Anonymous said...

Tanggung banget yah, kenapa ga berserah diri aja aslim taslam, Islamlah maka kita akan selamat dunia akhirat.

antelove7 said...

Malem menjelang pagi;

Untuk Moslem semua agar tidak terlalu proaktif Di blog orang ene, Berilah mereka kebebasan tuk mencari kebenaran dan memilih hidup ... Hidup itu adalah pilihan..
...
saya rasa hakikatnya semua agama itu kan baik, karena berusaha untuk kebaikan yang mempercayainya agama itu sendiri....cuma satu kan agama yang benar , yaitu agama yg kita yakini sekarang....

Yg jadi menarik adalah standar dari konsep "kebaikan" itu bermacam2...tergantung dari sudut pandang orang masing2..

menarik sebenarnya kalau dilihat dari sejarah kristen unitarian ini adalah berusaha untk "survivor" dari tahun 50 M sampe sekarang ..

saya pribadi cuma berusaha untuk bersikap terbuka dan "memandang kubus 3 Dimensi" secara normal

Anonymous said...

Saya baru dengar tentang komunitas unitarian ini, klo baca sekilas sich memang komunitas ini telah menemukan titik terang dalam keyakinannya. tinggal digali saja lebih mendalam, agar lebih menemukan hakikat kebenaran. saya berharap sang (Yahweh/Elohim/Adonai/Tuhan Bapa/Allah) memberi petunjuk bagi mereka yang mau kritis, dan selalu mencari kebenaran.
Klo dalam Islam sich, tidak pernah menyalahkan agama samawi yang lain, seperti Yahudi ataupun Nasrani. Hanya saja memang kami kaum muslimin hanya membutuhkan 2 ikrar dari para ahlul kitab, agar mereka dapat dikatakan benar, yaitu:
1. MENTAUHIDKAN ALLAH, tidak menyamakannya dengan sesuatu apapun
2. MEMBENARKAN MUHAMMAD SAW, sebagai salah satu dari rasul/nabi yang mengemban misi dakwah dari allah (tak berbeda kedudukan antara Muhammad dan Isa).

sedikit tambahan, apakah pantas kalian menyemakan Allah dengan makhluq, yang mana makhluq pasti melalui proses-proses berikut:
1.MAKAN dan pasti akan mengeluarkan kotoran.
2.Dilahirkan dari rahim seorang wanita, yang mana dengan kelahiran tersebut membuat wanita terhukum najis dalam 40 hari.
3. Bersyahwat kemudian menjalani proses sexual dengan lawan jenisnya.
4. MATI, lalu siapa yang menjaga dunia
5. Kenapa Allah cuma menurunkan anaknya 1 kali, bukankah bangsa israel juga mengalami masa yang sulit pada zaman fir'aun. Kenapa hanya cukup dengan nabi musa (moses), kenapa...?

Klo ada kesalahan kata2, saya mohon maaf

hendribebe@ said...

akhirnya aku mulai menyadari tentang keesaan tunggal yaitu ALLAH dan yesus sebagi manusia terpilih dijamannya"
setelah sekian lama gak pernah ikut misa or kebaktian(repot)melalui blog ini kudptkan pncerahan yg cukup buat kegoncanga jiwa ini

"haleluyah"

Meddy Abdullah said...

Setelah saya membaca komentar2 sebelum nya,masih terdapat perbedaan antara Trinitas dan Unitarian ( yaitu kedudukan yesus),tapi antara sesama penganut trinitas juga masih ada perbedaan ( kedudukan yesus jg )...
Manusia adalah tempatnya salah dan khilaf...
Kebenaran hanyalah Milik Allah,...

Anonymous said...

KRISTEN UNITARIAN ITU PERCAYA ALLAH YANG SATU, PERCAYA YESUS SEBAGAI ORANG BESAR (NABI) SAJA, DAN ROH KUDUS HANYALAH SIFAT KETUHANAN YANG BISA BERADA DALAM SETIAP MANUSIA YANG PERCAYA PADA SATU ALLAH.

JADI KOMUNITAS KRISTEN TAUHID (UNITARIAN) INI TIDAK TAHU SEJARAH DAN SUDAH MENGINGKARI AJARAN UNITARIAN YANG SEBENARNYA. MANA ADA UNITARIAN MASIH PERCAYA TRINITAS MESKIPUN KATANYA HANYA ADA SATU ALLAH. UNITARIAN ASLI TIDAK PERNAH BILANG YESUS SEBAGAI PUTRA ALLAH. JUST PROPHET OR HOLY MAN ONLY.

Free Your Mind said...

Nice Blog... even better than the other blog that comparing religion with faith.

Anonymous said...

Tuhan pencipta alam, langit dan bumi ya cuma satu, itu sudah pasti. Nggak mungkin 2 atau 3, atau banyak. Masalahnya, sebagian manusia memang menyadari/mengatakan bahwa Tuhan pencipta langit dan bumi itu satu, tetapi mereka malah "menyembah" kepada kekuatan2 lain, atau tokoh2, orang-orang saleh yang sakti (bermukjizat) atau benda-benda alam, gunung, laut, matahari, bulan, api, yang semuanya itu memiliki "kekuatan" karena DIBERI oleh Tuhan pencipta alam semesta ini. "Menyembah" disini maksudnya "mengagungkan dan meminta" dan percaya bahwa sesembahan tsb bisa mendatangkan manfaat atau bala, di luar kekuasaan Tuhan semesta alam. Sudah jelas kisah Nabi Ibrahim as saat mencari Tuhan yang sebenarnya...saat beliau menganggap "bintang" sbg Tuhan? ah...bintang tenggelam ! Lalu menganggap "bulan" sbg Tuhan..ah, bulan juga tenggelam, lalu menganggap "matahari" yang bersinar terang sbg TUhan...ah, ternyata mataharipun akan tenggelam. Siapa yg tidak tenggelam?? Dia lah Tuhan yang sebenarnya, yaitu Tuhan yang Esa, Rabb semesta alam. Jangan sampai kita sebagai manusia "tertipu" dengan menemukan "Matahari" sebagai Tuhan.....ya khan?

dhaim said...

Dalam Islam, untuk mempelajari tauhid kita wajib mempelajari sifat2 wajib dimiliki Allah dan sifat2 mustahil dimiliki Allah. Dengan guidances yang sangat jelas dan tegas ini alhamdulillah islam tidak pernah/akan terjebak dalam menuhankan sesuatu selain Allah.
Apakah begitu juga di Kristen Unitarian.

damai..damai..

Anonymous said...

ingin tahu said:
5. Kami percaya kepada Roh Kudus, kuasa Allah, yang menyanggupkan manusia melakukan kehendak Allah. (Yohanes 1:12; 14:16, 26; 15:26; 16:8-3; Efesus 3:9; 2Petrus 1:3-4)
yang ingin saya tenyakan, bagaimana dengan penafsiran Roma 15:13, terdapat frasa "...kekuatan ROh Kudus", apakah ini mengindikasikan bahwa ROh kudus bukan hanya sebatas kuasa ALlah, namun sebagai Pribadi???jika tidak mengindikasikan pribadi bagaimana penafsirannya yang benar???

Anonymous said...

subbahannallah
ternyata ada juga ya kristen yg mentauhidkan allah..

yah meski mereka sndiri tidak percaya kepda muhammad sbagai utusan allah..

setidak nya mereka tidak menganggap yesus sebagai tuhan..

semoga allah membuka pntu hati kalian
aminn....

dengan ada nya komunitas ini
makin kuat iman saya ke pada islam..

ternyata Trinitas memang cuman Dogma
bahkan klo bole jujur akal sehat saya menolak secara tegas klok tuhan di lahirkan dri rahim seorang wanita yg notabe nya merupakan ciptaan nya sndiri...

Elisha ben Yeremiyahu said...

Apakah Tuhan tritunggal? Tiga menjadi satu (Three in one) atau bagaimana? Semua doktrin bertujuan untuk menggambarkan realitas Tuhan. Tapi pertanyaannya adalah, apakah doktrin tersebut dapat dengan utuh menggambarkan realitas-Nya?

Doktrin Trinitas ditetapkan sebagai doktrin resmi gereja pada tahun 325 M dalam konsili Nicea. Penetapan Trinitas sebagai doktrin resmi ini tidak serta merta didukung semua pihak, bahkan ditentang oleh kaum arianis. Konstantin, Kaisar Romawi waktu itu lebih mendukung para Trinitarian, karena lebih banyak penganutnya (A short history of christian doctrine). Saya melihat disini Trinitas adalah upaya manusia untuk menjelaskan Tuhan, bukan UPAYA TUHAN langsung.

Marilah kita kembali ke Alkitab. Berikut saya akan menyampaikan beberapa pandangan saya tentang Trinitas.

APAKAH YAHVEH ITU SATU ATAU TIGA DI DALAM SATU (3 in 1)?

Dalam Ul 6:4 tertulis ''Shema Yishrael YAHVEH eloheynu, YAHVEH echad. (Dengarlah Israel, YAHVEH Tuhan kita, YAHVEH itu esa''

Perhatikan baik-baik, ayat ini menggunakan kata ECHAD yang dapat berarti kesatuan (bandingkan dengan Maz 133:1). Echad-(Esa) bukan bilangan satu (Yachid). Bilangan satu (Yachid) adalah logika matematis manusia; (1+1=2, 1-1=0, 1x1=1, 1:1=1). Apakah Tuhan lebih kecil dari logika kita? Apabila kita membeli sepatu tentunya kita tidak membeli satu buah sepatu saja, tapi dua buah.

Dia adalah Tuhan yang mengatasi logika manusia. Dia bukan satu menurut pemikiran kita, bukan pula tiga di dalam satu. Kita tidak bisa menembus pikiran-Nya. Dia YAHVEH, Tuhan yang mahakuasa yang tidak dapat kita selami (Roma:11:33).

Elisha ben Yeremiyahu said...

Tidak ada indikasi sama sekali bahwa Tuhan itu Satu di dalam Alkitab. Adapun maksud Musa dalam Ul 6:4 diatas adalah agar Israel tidak berpaling pada dewa lain, tapi hanya menyembah YAHVEH saja. Kata ECHAD di ayat tadi tidak berbicara tentang jumlah Tuhan tapi ajakan untuk HANYA menyembah YAHVEH.

YAHVEH berkuasa jadi berapapun, karena Ia tidak dibatasi oleh jumlah, jarak, ruang, dan waktu. Eksistensi-Nya adalah Mahakuasa (Tidak terhingga) dan kekal. Segala upaya untuk menggambarkan Dia tidak akan pernah sampai pada kebenaran yang utuh, kecuali Dia sendiri yang menyingkapkannya.

TRINITAS tidak pernah ditulis dalam Alkitab. Itu adalah upaya (penafsiran) untuk menggambarkan Relasi antara Bapa, Putra, dan Roh Kudus. Tapi kita tidak bisa membatasi manifestasi Tuhan hanya sebagai Bapa, Putra, dan Roh Kudus saja, di dalam Perjanjian Lama kita mengetahui banyak sekali Manifestasi Ilahi (Teofany); Melkisedek, Tiang awan, Api, Malaikat yang bergumul dengan Yakub, dsb. YAHVEH bukan trinitas (3 in one), Dia tidak dibatasi angka matematika manusia. Tentang hubungan Bapa, Putra, dan Roh kudus, buat sederhana saja namun alkitabiah.

1. BAPA: YAHVEH adalah Bapa sejati kita, itulah bagaimana Yesus mengajarkan bagaimana kita memanggil-Nya dalam doa (Mat 6:9) Ketika kita memanggil YAHVEH sebagai BAPA, artinya Dia menghendaki hubungan yang lebih dekat, bukan sekedar tuan dan hamba tapi bapa dan anak. Kita yang telah terhilang karena dosa ditemukan, diperdamaikan oleh Yesus (Roma 5:10)

2. ANAK: Yesus adalah Firman YAHVEH yang menjadi Manusia dalam rangka memulihkan hubungan kita dengan Tuhan. Firman itu adalah Tuhan sendiri (Yoh 1:1). Dia adalah Manusia pertama yang disebut Anak oleh Tuhan (Lukas 3:22). Setelah itu Tuhan mengangkat semua manusia jadi anak-Nya. Yesus menjadi yang sulung dan kita adalah adik-adik-Nya (Roma 8:29). Dalam hal ini, Yesus bukan Bapa kita, Dia adalah Kakak kita. Kakak yang mau menanggung hukuman dosa adik-adik-Nya. Firman Tuhan yaitu Yesus ini benar-benar menjadi manusia, Filipi 2 menjelaskan bahwa segala atribut ketuhanan-Nya benar-benar Ia tinggalkan di Sorga. Ia tidak melakukan mukjizat dengan kuasa diri-Nya sebagai Tuhan melainkan seijin kehendak Bapa (Yoh 4:34). Dia benar-benar jadi manusia yang terbatas (tidak maha kuasa lagi), tidak lagi Maha Tahu (Mark 11:13) dan bisa sakit dan mati. Ketika Dia menjadi manusia Dia tidak lagi setara dengan Bapa. Dia menjadi lebih kecil dari Bapa supaya kehendak Bapa saja yang Ia lakukan (Yoh 14:28).

Dia menyerahkan segenap hidup-Nya pada pimpinan Roh Kudus dalam setiap pelayanan-Nya menjadi manusia (Lukas 4:18). Oleh karena itu Bapa meninggikan Yesus dan mengaruniakan Dia nama diatas segala nama (Fil 2:9). Pertanyaannya adalah jika Yesus ada di bumi menjadi manusia lantas Surga kosong dong? Ini pertanyaan klasik yang kita sering dengar dari kaum Arianis. Jawaban saya adalah Tuhan jadi berapapun bisa. Di bumi Ia menjadi Yesus sang manusia ilahi, di Sorga Ia tetap berkuasa sebagai Bapa. Dalam hal ini Ia menggandakan diri-Nya menjadi dua. Kenapa tidak? Bukankah Dia Mahakuasa. Ketika manusia jasmani Yesus mati disalib, YAHVEH tidak turut mati. Dia masih memerintah sebagai RAJA SEMESTA ALAM dan Bapa yang kemudian membangkitkan Yesus dari kematian. Yesus adalah teladan sempurna bagaimana manusia seharusnya.

3. ROH KUDUS: Roh Kudus adalah Roh Kebenaran, Penghibur yang diutus oleh BAPA untuk bersaksi tentang Yesus (Yoh 15:26). Roh Kudus adalah Roh YAHVEH sendiri dan berdiam dalam setiap orang percaya (1 Kor 6:19) dan membimbing mereka ke jalan yang benar.

Kita menemukan disini, YAHVEH adalah Bapa, YAHVEH adalah Yesus, YAHVEH adalah Roh Kudus, namun Bapa bukan Yesus, sedang Roh Kudus adalah Roh Tuhan. Ada peranan masing-masing dalam setiap manifestasi, begitu pula manifestasi Teofani dalam Perjanjian Lama. Dia bukan Tuhan trinitas tapi Tuhan yang ESA (ECHAD) yang MAHAKUASA, tidak terbatas logika.

Anonymous said...

doktrin nya unitarian campur-campur...bingung euy....

Anonymous said...

Dokrin sama kog kristen. percaya Yesus = Allah atau 3=1 seperti pentakosta,katolik,protestan,advent hari ke 7 dan Unitarian

Ngapain mesti pisah-pisah Gereja,padahal sama saja isi dalam percaya 3=1.

tonwsh said...

Silahkan baca : http://www.1001-keanehan-dunia.co.cc/ yaitu penolakan Injil terhadap Trinitas pada Persidangan Nicea 325, sesudah itu silahkan baca : Sejarahnya Persidangan Nicea yg dipaksakan : http://bonny40000.tripod.com/secercahcahaya/id3.html , nah Unitarian itulah yg sebenarnya waktu itu ajaran asli Yesus yg ditolak ttg monotheisme Allah Tuhan nya kita semua!

Prayogo said...

Please to understand, only One God in all the world and in all the time.
Yesus Christ memang orang yang mulia yang diberikan kelebihan dan keistimewaan dan ditinggikan posisinya untuk diutus Allah mengajarkan agama. Tetapi tetap utusan, jadi jelas posisi yang mengutus tidak mungkin sama dengan yang diutus.Tetapi karena mulianya dia sangat dihomati oleh pengikut ajaran dari yang empunya hidup dan Maha Pengajar atau Allah Tuhan yang Maha Esa yg menciptakan alam semesta dengan segala isinya.Memuliakan seorang Nabi yang telah menuntun rohani manusia dan banyak berkorban dalam hidupnya agar pengikutnya mencintai Allah adalah baik, namun tidak perlu sampai menuhankannya.Artinya tetap ada batas, dalam arti penganut ajaran Yesus kristus tetap harus Menuhankan satu satunya Allah dan mengormati Yesus Kristus yang mulia yang diutus olehNya untuk membawakan ajaran untuk manusia.

Anonymous said...

Secara mendasar, keimanan unitarian kepada Bapa dan Nabi Isa sang utusan, sama dengan keimanan umat Islam. sedikit perbedaan detil tidak menjadi masalah.

yang menjadi pertanyaan besar dalam diri saya : mungkinkah unitarian ini (dan unitarian lainnya) berpeluang memperoleh keselamatan tanpa menerima kenabian nabi muhammad?

Apakah keselamatan bisa diraih hanya dengan mengimani satu Allah saja, padahal di saat yang sama mengingkari utusan-Nya?

bagaimana pendapat saudara-saudara?

Anonymous said...

saya kagum sekaligus menghormati teman-teman dari komunitas kristen unitarian. menurut saya kepercayaan non-muslim yang hampir mendekati dengan kepercayaan muslim ya unitarian ini. jadi kalau boleh saya ikut bercengkrama sekaligus bertukar pikiran dengan teman-teman sekalian,saya mau bertanya apa saja yang membedakan secara nyata kaum unitarian dengan trinitan. bukan bermaksud mengadu domba tetapi saya lebih condong kepada kaum unitarian.

Anonymous said...

Apakah ada hubungannya antara Kristen Unitarian dengan ajaran Arianus (Arianisme)?

Anonymous said...

Saya Muslim mndkung unitarian

Aisyha Tesalonika said...

Kita hidup dibawah matahari yang sama. Matahari yang menyaksikan bagaimana Yesus mengajarkan cinta kasih dan perdamaian kepada manusia. Matahari yang menyaksikan bagaimana Muhammad mengajarkan akhlak baik dan budi pekerti kepada manusia, dan matahari yang menyaksikan bagaimana manusia yang dicerahkan oleh cinta kasih dan budi pekerti itu justru saling menumpahkan darah membunuh sesamanya. Ya, meski kita hidup dibawah matahari yang sama.

Anonymous said...

Salam sejahtera untuk sodara2 unitarian,salam hormatku untuk yg mulia Yesus Putra Perawan Suci Maria.apakah gereja unitarian di surabaya ada?jika ada dmn kah alamatnya.terima kasih.Rino

Anonymous said...

Apakah semua agama sama ?
Iya sama ! Semua agama sama juga termasuk unitarian dan Tritarian tanpa terkecuali yaitu tidak ada 1 agamapun yg menjamin masuk Surga !
yang memungkinkan seseorang masuk Surga adalah mengenal dan dikenal baik oleh Raja Surga yaitu Allah yang Empunya Kerajaan Surga.
Agama adalah sarana untuk mengenal siapakah Raja Surga dan bagaimana menyenangkan hati Beliau dan akrab dgn Beliau; hal inilah yg lbh menjamin untuk masuk Surga. Jika demikian buat apa ribut agamaku lbh baik sdg engkau kafir dsb dsb.

Apakah Allah tiap agama maupun sekte sama ?
Tak sama ! Jika masing masing punya kriteria pengertian tentang allah berbeda tentu saja allah yg di maksud dan disembah tak sama.

Lalu bagaimana cara menemukan Allah yg original bukan allah kw2 ?

Mengenal Allah tak sama dgn mengenal tentang allah.
Mendapatkan sedikit pengertian dr Allah tentang siapakah Dia lbh berguna drpd memp.banyak pengetahuan akan Dia.

allah itu ada banyak tapi AllahRajaSorga hanya ada 1; jadi allah anda yg mana andalah yg menentukan sesuai selera dan angan angan anda dgn konsekwensi anda salah pilih dpt allah kw2 kw3

Untuk itu bukalah hati, janganlah pakai pengertian sendiri, mintalah Roh Kudus memimpin kita untuk mengenal dan dikenal AllahRajaSorga.

Jika kita baca Kejadian 1:1-3
Pada mulanya Allah menciptakan langit dan bumi
Bumi belum berbentuk dan kosong; gelap gulita menutupi samudera raya, dan RohAllah melayang layang diatas permukaan air.
Berfirmanlah Allah : "jadilah terang." Lalu terang itu jadi.
*** dari ayat mas ini nampak jelas bahwa Allah bersama Firman dan RohAllah ada bersama sama, dan Firman/ Sabda/ Kalimatullah/ Perkataan Allah juga Roh Allah adalah kesatuan !

jika ada yg asumsi Firman diciptakan oleh allah pastilah ybs berasumsi jg bahwa sewaktu allah belum menciptakan firman maka allah bisu ? dan jika RohAllah tidak menyatu dgn Allah dan ada sejak mula bersama sama dgn Firman/ kalimatullah maka ybs jg berasumsi bahwa allah pernah tanpa roh alias allah pernah almarhum dan allah bisu ?

Untuk itulah perselisihan ttg siapa dan seperti apa allah tak akan dpt titik temu krn allahnya tak sama, yg satu bilang firman / kalimatullah diciptakan oleh allah tentu anggapan ini tak salah krn sesuai dgn allahnya yang bersangkutan yg berkeyakinan allah pernah bisu sewaktu Kalimatullah belum diciptakan. Yg lain bilang roh kudus adalah malaikat djibril tentu hal ini jg tdk salah krn yang bersangkutan meyakini bahwa allahnya tanpa roh alias almarhum.

Ini menandakan bahwa allah tiap agama tak sama!

Lalu bagaimana untuk mengenal dan dikenal akrab oleh Allah adalah dgn membuka hati minta pimpinan RohKudus yg adalah RohAllah sendiri untuk mengenal lbh akrab dan dikenal lebih akrab oleh AllahRajaSorga, Amin.

Kesimpulan saya yg masih perlu dikoreksi oleh anda terutama perlu dikoreksi oleh RohKudus adalah :
allah ada banyak; silahkan anda pilih sendiri; mau Allah Ori atau allah kw.
Allah Ori mahal dan mau berkorban , allah kw tentu tak mau berkorban tp cari alias minta korban, lebih murah bahkan bisa dibuat sendiri tapi merepotkan bahkan tak menjamin keselamatan.

selamat memilih !

Jesus LoVe you n family.

Anonymous said...

Tonton "Cara paling mudah menjelaskan konsep Tritunggal o…" di YouTube - Cara paling mudah menjelaskan konsep Tritunggal o…: http://youtu.be/_incLzfQA6c

Ian said...

Any English-speaking unitarians in South Jakarta or Depok? You may contact me at ian.oz@mail.com
Ian

Sal Krib'S said...

Hanya masalah boleh atw tdknya menyembah yesus ?? di sembah tdk dipetintahkan .. tdk di sembah .. tdk apa-apa . Dia tetap .. sang manusia agung yg dumuliakan Allah ...

Sal Krib'S said...

Hanya masalah boleh atw tdknya menyembah yesus ?? di sembah tdk dipetintahkan .. tdk di sembah .. tdk apa-apa . Dia tetap .. sang manusia agung yg dumuliakan Allah ...

alfi anugrah said...

Kristen percaya penebusan. Islam percaya yudas yg dihukum mati, bkn yesus.

alfi anugrah said...

Nabi Muhammad itu bagi saya sbg kristen tertindas, bagaikan koresh bagi org israel.

alfi anugrah said...

Minta alamat kristen unitarian. Tolong hubungi saya di alfianugrah@yahoo.com

dawson lee a.k.a Ahmad said...

Assalamualaikum wr wb,shaloom.salam sejatera.
Saya dawson alias ahmad.saya seorang pluralis islam.pembelajar teologi agama samawi dan filsafat ketuhanan dari islam n.u...
Saya sungguh senang jika sanya ini adalah blog nashara-nasrani pluralis.semoga kita bisa saling menjaga kerukunan dan menjaga kedamaian dibumi sesuai misi rasullulah muhammad s.a.w dan jesua kristos - isa almasih - isa a.s...
Salam sejahtera semoga damai dan berkat menyertai semua.
Ma assallam...

Adam Wijaya said...

Manusia itu makhluk logis bung,wajar kalau segala sesuatu dinilai dengan logika.,segala yg ada didunia ini bisa dijangkau dengan logika..menjangkau Tuhan dengan logika bukan tidak mungkin,iman itu bukan sesuatu yg buta, kita diharuskan menjangkaunya..dengan apa ? Agama adalah jalan..jalan untuk berpikir..berpikir tentang apa ? Tentang siapa ? anda harus paham

Achiel Marucil said...

saya muslim dan pro kristen unitarian yeeee...:D

Kogoro Mouri said...

GUA KAGA PUNYA ALIRAN ...tp percaya...
GUA YAKIN YG CIPTAKAN JAGADRAYA ALAM SEMESTA PASTI CUMA TUHAN YG TUNGGAL,DAN TDK BERSAING DG TUHAN YG LAIN ....
MONOTHEISME TUHAN ESA,TUNGGAL,EHAD,SITOK THIL....BRO....STJU......
GUA NILAI UNITARIAN. 100...
YG MENUHANKAN 3 polytheisme....50...

Isfandari Made said...

coba anda kunjungi situs-situs quran only. Sama seperti kristen tauhid dan anda, quran only adalah komunitas yang berusaha menggunakan akal sehat dan tidak mengikuti dogma agama secara membabi buta. Semoga komunitas kristen tauhid, quran only dan semua yg haus akan kebenaran ilahi akan mendapat hidayahNya

Isfandari Made said...

setuju, Tuhan akan menunjukkan jalan bagi mereka yang bersungguh2 dan berhati2 dalam mencari jalan menuju Tuhan. Ada banyak pintu menuju Tuhan. Terus gunakan akal sehat dan hati yg tulus, maka Tuhan akan menunjukkan kita jalanNya.

Isfandari Made said...

Sebenarnya kalau kita mendalami dengan BENAR ajaran iman kita dengan hati tulus dan akal sehat, maka TIDAK AKAN ada perang (bukan karena membela dir), kekerasan yg disebabkan oleh agama.